Labels

Rabu, 04 April 2012

Men-DESAIN Database…..????

alfazia.blogspot -Hari ini mungkin saya mendapatkan sedikit ilmu mengenai database. Walaupun sebenarnya masih kurang menguasai tentang pembahasan materinya, tapi tak apalah kalau bisa saya sharingkan kepada teman-teman semua supaya lebih bermanfaat. Untuk hari ini saya ingin sedikit membahas tentang “DESAIN DATABASE”.
Database dibuat untuk mempermudah seseorang untuk mengolah data, terutama dalam jumlah yang besar. Maka dari itu untuk membuat database tidak bisa langsung dibuat tanpa perencanaan atau desain terlebih dahulu. Mungkin bisa membuat database tanpa perencanaan
, tapi hasilnya tentu dibawah dari yang direncanakan terlebih dahulu. Karena biasanya bila tidak direncanakan ini yang akan terjadi :

      1.       Bingung pas membuatnya, tidak tahu mau menulis apa
      2.       Ada komponen-komponen penting yang terlewat, bisa entitas, atrinut dll
      3.       Biasanya agak rancau, karena kurang terstruktur
      4.       Akhirnya database tidak bisa digunakan secara optimal, dan akan membingungkan kita

Maka dari itu untuk menghindari hal-hal diatas dan hal-hal lain yang berpotensi tidak menguntungkan bagi datanase kita, maka haruslah dibuat desainnya terlebih dahulu, berikut langkah-langkahnya :
      1.       Menganalisa Persyaratan
Yang dimaksud adalah kita diharuskan mengetahui data  apa saja yang akan disusun didalam database, termasuk aplikasi dan operasi yang akan digunakan.

      2.       Perancangan database konseptual
Disini data yang telah dikumpulkan saat menganalisa harus dikembangkan menjadi bentuk-bentuk ER. 

      3.       Perancangan database logika
Mengubah bentuk ER menjadi skema databse relasional

      4.       Perbaikan Skema
Memperbaiki dan cek ulang dari proses yang telah dilakukan sebelumnya

      5.       Perancangan database fisik
Membuat indeks pada table dan mengelompokkannya.

      6.       Perancangan Aplikasi dan securitynya
Merancang aplikasi yang akan digunakan agar tampilan lebih bagus, dan membuat enkripsi dan digital signature untuk keamanannya.

Mungkin baru ini yang bisa saya sharingkan, saya sendiri belum bisa membuat desain database. Maklum newbie…., hehehe:). Jika mungkin penjelasan saya diatas tadi ada yang salah mohon dibenarkan bagaimana yang benar, sekalian ajari saya praktek membuat desainnya. Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar